topbella

Sabtu, 23 April 2011

CARA PRAKTIS MENGHILANGKAN “JERAWAT“

Wajah bagi wanita adalah suatu hal yang istimewa, kebanyakan dari mereka berani mengeluarkan uang berapapun demi mendapatkan wajah yang cantik dan menarik. Sehingga ketika muncul jerawat di wajahnya, mereka akan mati-matian untuk mencari obat agar jerawatnya bisa hilang. Karena jerawat adalah hal yang paling dibenci oleh wanita, yang menyebabkan mereka kurang percaya diri atau minder.
Apa penyebab jerawat?
Jerawat atau suatu kondisi kulit yang tidak normal di mana terjadi infeksi dan radang pada kelenjar minyak yang terjadi di kulit manusia, disebabkan oleh berbagai hal yaitu :
1. Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.
2. Kelenjar minyak yang diproduksi terlalu berlebih.
3. Faktor genetik turunan orangtua.
4. Faktor hormon seperti pada saat pubertas menginjak belia.
5. Adanya iritasi kulit.
6. Gaya hidup stres.
7. Pil KB. Dll.

Bagaimana cara menyembuhkan dan membersihkan jerawat secara efektif, mudah dan tidak mengeluarkan uang banyak ?
Ada beberapa Tips yang dapat menyembuhkan dan menghilangkan jerawat :

1. Rajin Membersihkan Wajah / Muka
Rawatlah wajah sebaik mungkin dengan membuatnya tetap bersih. Kenali jenis kulit kita sebelum memilih sabun dan membersihkan wajah. Membersihkan wajah akan sangat baik sekali terutama setelah bepergian ke tempat yang berudara kotor debu dan polusi.
Untuk perangkat pembersih muka ada baiknya memilih sabun yang khusus untuk kulit wajah yang kemudian dilanjutkan dengan lotion/cairan pembersih wajah dengan PH normal / PH balanced agar dapat mengangkat kotoran wajah dan minyak yang menempel erat. Dibandingkan kapas, kain lap akan jauh lebih baik dalam hal membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit muka.
Jerawat memang menggemaskan dan membuat malu. Tapi kita harus tetap menyikapi jerawat dengan kepala dingin dan tegar. Jangan pernah memijit atau memencet jerawat agar tidak terkena kotoran dan kuman yang menempel di tangan kita serta jerawat tidak infeksi. Sehingga akan meninggalkan bekas di wajah. Biarkan jerawat pecah sendiri. Jerawat bisa semakin parah jika tidak disikapi dan ditanggulangi dengan baik.
2. Hindari Konsumsi Kosmetik yang mengandung minyak.
Minyak di wajah menjadi salah satu sebab timbulnya jerawat di wajah atau muka. Nah dengan tidak memakai kosmetik yang mengandung minyak, kita bisa terhindar dari yang namanya jerawat. Sebab kulit kita saja sudah mengandung minyak, kalau ditambah dengan kosmetik mengandung minyak bisa tambah parah.
3. Mengoleskan “jeruk nipis atau lemon” kewajah
Jeruk nipis atau lemon dan buah-buah sebangsanya mengandung citric acid yang sangat kaya, dimana citric acid ini sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat. 

Caranya yaitu jeruk nipis yang sudah bersih, dipotong menjadi 4, kemudian bagian-bagian jeruk tersebut dioleskan kewajah, biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang cukup luar biasa gunakan dan lihatlah apa yang terjadi(sudah banyak yang membuktikan, termasuk saya).
4. Dengan menggunakan “Tomat” yang dioleskan diwajah
Buah yang satu ini selain bagus untuk kesehatan mata juga cukup efektif menghilangkan komedo hitam(blackheads) dan menyempitkan pori-pori wajah.

Caranya yang pertama harus dilakukan adalah mengiris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan selama 15 menit – 1 jam kemudian bilas. Konsumsilah Tomat untuk kesehatan tubuh dan perawatan dari dalam.
5. Minumlah Air Putih Sebanyak 3 Liter Sehari
Air putih sangat bagus untuk kesehatan kulit karena hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air 3 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.
6. Gaya Hidup Sehat
Makanlah makanan yang bergizi bukan junk food dan tidak berlebihan terutama makanan yang mengandung banyak minyak, banyak pengawet, berpenyedap rasa kuat, pedas, dsb. Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak dan kolesterol serta makanan yang dapat memicu jerawat seperti keju, susu full cream, gorengan, dll.
Olahraga yang teratur, tidak begadang, tidak merokok, tidak mengkonsumsi narkoba, dll untuk membantu tubuh kita tetap memiliki pertahanan tubuh yang baik dan maksimal. Hindari zat radikal bebas yang dapat ditemukan dimana-mana serta menghadang dampak radikal bebas dengan minum teh atau lainnya yang mengandung antioksidan.
7. Tidur secara teratur dan cukup
Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.
Nah.... semua penjabaran di atas adalah cara menghilangkan jerawat dan juga cara mencegah datangnya jerawat. Gimana menyembuhkan dan menghilangkan jerawatnya cukup oke, mudah serta tidak memerlukan uang banyakkan ? oke deh selamat mencoba aja yah temen-temen. See you next time dengan artikel-artikel baru dari saya yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Ratna Nulin Najah
sederhana saja.. hmmmm.. Tapi tetep keliat elegan..
Lihat profil lengkapku